Saturday, January 22, 2011

FAKTOR PEMICU SERANGAN MIGREN

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi migren; a. Menghindari pemicu b. Menghentika rasa nyeri ketika serangannya muncul c. Melakukan pengobatan pencegahan ( profilaksi ) d. Melakukan perubahan gaya hidup.

Menghindari pemicu serangan merupakan langkah yang paling efektif. Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan migren. Setiap penderita memiliki faktor pemicu yang berbeda-beda, diantaranya :
1. Stres dan fatique  ( kelelahan yang amat sangat )
2. Makanan dam Minuman ; alkohol terutama bir dan anggur merah ), Coklat, Monosodium Glutamat ( MSG ) yang terdapat pada penyedap, Ikan yang dikeringkan, Keju fermentasi.
3. Perubahan cuaca,Iklim, atau ketinggian
4. Perubahan Pola tidur, bisa terlampau banyak atau terlampau sedikit dari tidur normal.
5. Cahaya yang menyilaukan
6. Bau-bauan yang menyengat
7. Obat-obatan. Diantaranya; Simetidin ( obat gangguan saluran cerna), Flenfluramin, Nifedipin ( obat anti hipertensi ), Teofilin ( obat anti asam ).
8. Kadar gula yang rendah, jadwal makan yang berubah, makan tidak teratur, puasa,atau makan pada jadwalnya.
9. Peningkatan aktifitas fisik, termasuk aktifitas seksual
10. Rokok, baik perokok aktif atau perokok pasif
11. Khusus bagi wanita pengaruh hormon estrogen, biasanya pada saat menstruasi atau hamil merupakan faktor utama penyebab Migren
Saat migren muncul penderita sebaiknya berusaha untuk meredakan serangan, jangan berharap bisa melawan serangan tersebut, karena dapat bertambah parah.
Istirahat merupakan pilihan utama,  carilah tempat yang tenang, cahaya tidak terlampau  terang dan usahakan tidur di tempat tersebut, jika belum memberikan hasil, dapat menggunaka obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran, aspirin atau parasetamol.

No comments:

Post a Comment